Sabtu, 13 November 2010

Sepeda Motor Yang Ramah Lingkungan

Selain motor listrik, di booth Yamaha teronggok sepeda yang dibekali motor listrik (PAS Eco). PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) juga menyediakan dua unit sepeda dengan motor listrik yang bernama PAS Brace untuk bisa dicoba oleh pengunjung di arena tes.

Sepintas, bentuk PAS hampir tak beda dengan sepeda gunung biasa. Tapi, jika dicermati ada sesuatu yang berbeda dari sepeda biasa. Letak baterai lithium-ion di bawah dudukan sadel dekat gir rantai. Benda tersebut terhubung dengan motor listrik pasif bernama Yamaha Intilligent and Flexible Energy System.


Di sebut pasif karena bukan motor listrik ini yang menjadi sumber utama sepeda. Tapi, tetap mengandalkan kayuhan si penggendara. Motor listrik ini menciptakan torsi tambahan di saat awal-awal genjotan. Jadi seperti ada tenaga tambahan membantu mengayuh pedal sehingga terasa lebih ringan.Selain itu, motor listrik ini juga ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan asap sehingga tidak akan menimbulkan polusi.

Sensasi ini terbilang unik, karena baru pertama kalinya Kompas.com mengendari sepeda dengan motor listrik pasif. Sepeda ini juga tak ada rencana dipasarkan di Indonesia. Tapi bagi "goweser"" (penggemar sepeda-red), unit bisa menjadi koleksi yang unik untuk dikendarai di akhir pekan.

Penulis: AGK
Editor: Bastian

Sumber : Kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

RIZKI NURULLAH ( KIKI ) Design by Insight © 2009