Minggu, 28 November 2010

Berbagi Cemilan Tradisional >> Cilok


Cilok adalah salah satu cemilan atau jajanan khas dari Jawa Barat. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Cilok terbuat dari tepung kanji atau orang sunda mengatakan dengan aci sampeu yang dan terigu, selain itu terdapat cincang daging di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tepung kanji maka cilok jika dimakan rasanya kenyal. Berikut adalah cara pembuatan dari Cilok :

Bahan-bahan :
- tepung kanji - minyak sayur
- terigu - garam dan lada
- air hangat - bumbu kacang
- cincang daging - saos dan kecap
- daun bawang

Cara pembuatan :
  1. untuk membuat adonannya, campurkan tepung kanji, terigu, garam dan lada secukupnya, lalu tambahkan air hangat kedalam adonan tersebut. Setelah itu aduk adonan hingga menjadi satu, biasanya dalam mengaduk adonan pada cilok menggunakan tangan.
  2. untuk membuat isi cilok, panaskan minyak sayur, jika sudah panas masukkan cincang daging, daun bawang yang sudah dipotong kecil-kecil, jangan lupa tambahkan garam dan lada secukupnya.
  3. jika sudah membuat adonan dan isinya, bentuk adonan menjadi bulat dan masukkan isinya, lalu bulat-bulat lagi, setelah selesai membulat-bulat, rebus cilok ke dalam air mendidih sampai cilok naik ke permukaan air itu tandanya cilok sudah matang.
  4. angkat cilok dan tiriskan, lalu taruh disebuah wadah, lalu tambahkan bumbu kacang, saos dan kecap. Jika anda tidak ingin memakai bumbu kacang anda bisa hanya menambahkan saos dan kecap saja, tergantung selera anda. Cilok siap dimakan.

Jajanan cilok sudah jarang ditemukan di Jakarta. Oleh karena itu jika anda ingin merasakan cilok anda dapat membuatnya sendiri dirumah, selain itu membuat cilok tidak memerlukan biaya yang mahal.

Selamat Mencobaa ...

0 komentar:

Posting Komentar

 

RIZKI NURULLAH ( KIKI ) Design by Insight © 2009