Rabu, 30 Desember 2009

Materi Teori Organisasi Umum 1

  • Organisasi adalah wadah sekelompok manusia yang saling kerjasama dalam kerja yang efisien / sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
  • Menurut Ernest Dall organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan dan pemeliharaan suatu struktur / pola hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu kelompok kerja.
  • Metode adalah suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
  • Pengertian Organisasi dan Metode : rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber & faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
  • Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
Pengertian Manajemen :
  • Menurut James A.F. Stoner adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Menurut Mary Parker Follet adalah Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.

Hal yang berbeda antara organisasi dan manajemen adalah Organisasi sebagai alat atau wadah sekelompok orang dalam mencapai tujuan tertentu, sedangkan manajemen lebih mengarah kepada pengaturan atau pengelolaan untuk mencapai tujuan tersebut.
Persamaan Oragnisasi dan manajemen adalah sama-sama memiliki sasaran dan tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Unsur-unsur Manajemen :
  • Man
  • Market
  • Money
  • Material
  • Metode
  • Machine

Kegiatan Manajemen meliputi:
  • Organizing
  • Controlling
  • Staffing
  • Planning
  • Directing

Ciri-ciri Organisasi :
•Terdiri dari sekumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang di tetapkan
•Dikembangkan untuk mencapai tujuan tertentu
•Secara sadar dikoordinasikan dan dengan segala yang disusun
•Instrument sosial yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat di identifikasikan

Unsur-unsur dari Organisasi :
•Manusia
•Kerjasama
•Tujuan Bersama
•Peralatan (equipment)
•Lingkungan (environment)
•Kekayaan Alam
•Kontruksi mental organisasi /kerangka

Macam-macam Organisasi :
  • Organisasi Klasik(tradisional)
Organisasi klasik sangat sentralistik dan tugas-tugas terspesialisasi, rantai perintah dan penggunaan disiplin, aturan dan supervisi sangat ketat, dan mekanistik. Ada 3 teori klasik yaitu BIROKRASI, ADMINISTRASI, MANJEMEN ILMIAH. Dasar-dasar organisasi klasik yaitu kekuasaan, saling melayani, displin, doktrin (tujuan organisasi).

Ada empat dari teori klasik :
  • Pembagian kerja, adalah bagaimana organisasi membagi sejumlah pekerjaan terhadap tenaga kerja yang ada dalam organisasi.
  • Hierarki proses fungsional, adalah setiap organisasi terdapat adanya tingkatan karyawan menurut fungsinya atau pekerjaan yang khusus dalam organisasi.
  • Struktur, adalah jalinan hubungan dan peranan dalam organisasi. (Lini dan Staf)
  • Pengawasan yang ketat, pada organisasi yang tinggi strukturnya menghendaki banyak saluran komunikasi dalam melakukan pengawasan. Sedangkan pada organisasi yang strukturnya mendatar tidak banyak diperlukan saluran komunikasi.

  • Organisasi Neoklasik
Teori neoklasik adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan sosial karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya. Pendekatan neoklasik mencakup uraian sistematis organisasi informal dan pengaruhnya pada organisasi formal. Pengikut teori neoklasik adalah mereka yang membahas kelemahan model klasik pada prilaku organisasi tetapi tidak menentang seluruh teori klasik. Pembagian kerja neoklasik yaitu melibatkan setiap orang dalam mengambil keputusan, perluasan kerja, manajemen bottom-up.

  • Oragnisasi Modern
Teori Organisasi Modern yaitu memandang semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan, dan mempunyai sistem terbuka yaitu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan. Teori modern menyebutkan bahwa kerja suatu organisasi sangat kompleks, dinamis, multilevel, multidimensional, multivariable, probabilistik. Organisasi modern ini mempunyai sistem terbuka (berdasarkan analisa konseptual, dan didasarkan data empiris serta bersifat sintesa dan integratife) yaitu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan. Organisasi modern ini memaduakn antara organisasi klasik dan neoklasik dengan konsep yang lebih maju.

Macam-macam Organisasi dari segi tujuan :
  • Organisasi Niaga :
- (PT) perseroan terbatas
- (CV) perseroan komanditer
- (FA) firma
- Koperasi
- Join ventura
- Holding company
  • Organisasi Sosial :
- Jalur keagamaan : MUI
- Jalur profesi
- Jalur kepemudaan
- Jalur kemahasiswaan : BEM
- Jalur kepartaian & kekayaan
  • Organisasi Regional :
Organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa Negara tertentu saja(ex : ASEAN)
  • Organisasi Internasional :
Organisasi yang anggota-anggotanya meliputi Negara di dunia (ex: PBB)

0 komentar:

Posting Komentar

 

RIZKI NURULLAH ( KIKI ) Design by Insight © 2009