Minggu, 07 Maret 2010

MEMECAHKAN KASUS - KASUS YANG ADA DIDALAM KEGIATAN EKONOMI

TEORI ORGANISASI UMUM 2

BEBERAPA CONTOH KASUS

1. Apa yang menjadi faktor utama penggerak kegiatan ekonomi dan bagaimana kegiatan suatu perekonomian dapat berkembang ?


2. Anda mempunyai anggaran sebesar Rp. 300.000 setiap bulan, sementara anda mempunyai bermacam-macam kebutuhan untuk hidup anda selama satu bulan. Anda harus menentukan secara cermat penggunaan anggaran yang anda miliki agar kebutuhan anda dalam satu bulan dapat dipenuhi secara optimal. Dalam konteks ini, mana yang termasuk dalam kelangkaan sumberdaya dan mana yang termasuk usaha mengelola sumberdaya yang langka secara efesien ?

3. Sebulan perusahaan memanfaatkan suber air alam untuk menghasilkan air minum kemasan. Perusahaan yang memproduksi air minum kemasan ini termasuk satu-satunya perusahaan yang ada dipasar. Perusahaan tersebut menentukan harga minum air kemasan yang dihasilkan dan ia memperolah keuntungan. Perusahaan lain yang memproduksi air minum kemasan bermunculan karena perusahaan yang terlebih dahulu mampu menciptakan keuntungan. Perkembangan perusahaan air minum kemasan memberikan sumbangan (kontribusi) kepada produksi nasional (pendapatan nasional). Disamping itu, munculnya perusahaan yang memproduksi air minum kemasan ini akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Dalam konteks ini, mana yang termasuk pembahasan ekonomi mikro dan mana yang termasuk dalam pembahasan ekonomi makro ?

4. Pada perkembangan berikutnya cangkul yang digunakan petani untuk mengolah tanah sudah dirasa tidak cocok lagi. Petani membutuhkan alat pengolah tanah yang dapat bekerja secara cepat dan menggunakan tanaga manusia semakin sedikit. Dalam konteks ini, mana menggambarkan perkembangan peradaban manusia yang dapat menciptakan kebutuhan manusia. Kemudian, jelaskan perkembangan kebutuhan manusia akan mendorong berkembangnya kegiatan ekonomi ?

5. Seorang petani menggrapa sebidang tanah yang ia miliki bersama 2 orang anaknya. Petani tersebut memutuskan untuk menanama jagung dengan cara yang sangat tradisional, yakni mengolah tanah dengan menggunakan cangkul. Dalam proses produksi ini kegiatan mana yang menggunakan sumberdaya alam, sumberdaya manusia (petani) dan sumberdaya modal ?

6. Seorang Petani mamiliki sebidang tanah dan memutuskan lahan tersebut akan ditanami jagung. Pengolahan tanh, penanaman bibit, perawatan dan memetik hasil (panen) menggunakan cara tradisional. Banyaknya bibit yang ia gunakan diperkirakan akan menghasilkan jagung sebanyak 1 ton. Jagung hasil produksi tersebut akan dijual kepada pembeli dipasar-pasar tradisional. Dalam konteks ini, mana yang termasuk masalah what, how, dan mana yang termasuk masalah for whom ?

7. Sebuah Negara mengelola perekonomiannya dengan menguasai sebagian besar sumberdaya ekonomi yang dimiliki Negara tersebut. Perusahaan-perusahaan yang terdapat di Negara tersebut sebagian besar merupakan perusahaan negara yang berfungsi mengatur sebagian besar masalah konsumsi, produksi, dan distribusi di negara tersebut. Menurut anda, perekonomian tersebut menganut sistem ekonomi apa ?

8. Manusia memerlukan oksigen untuk hidup. Manusia dapat memperoleh oksigen diudara bebas. Pada saat seseorang sedang sakit, orang tersebut tidak mampu memanfaatkan (mengambil) oksigen yang terdapat dalam udara bebas. Namun harus melalui alat bantu (tabung oksigen). Dalam konteks ini mana oksigen yang merupakan barang bebas dan mana oksigen yang merupakan barang ekonomis ?

9. Sebuah perusahaan melakukan penelitian pasar. hasil penelitian memberi informasi bahwa pasar membutuhkan 100 ribu unit computer lebih banyak daripada jumlah computer yang mampu tersedia saat ini setiap tahun. Perusahhan tersebut memutuskan akan memproduksi 100 ribu unit computer setiap tahun dengan target pembelinya adalah mahasiswa. Computer dibuat dengan menggunakan lebih banyak sumberdaya modal (padat modal). Dalam konteks ini, mana pasar yang mampu memecahkan masalah ekonomi what, how, dan for whom ?

10. Permintaan dan penawaran terhadap barang X ditunjukan oleh persamaan ; Q = 100 - 2p dan Q = 3p - 10. Tentukan harga dan jumlah barang keseimbangan terhadap barang X ?

11. Permintaan dan penawaran terhadap barang X ditunjukan oleh persamaan ; Q = 100 - 2p dan Q = 3p - 10. Jika harga yang terjadi dipasar adalah 25, apa yang terjadi di pasar (excess supply atau excess demand) ? Tentukan jumlah kekurangan atau kelebihan barang dipasarpada harga 25 tersebut.

12. Permintaan dan penawaran terhadap barang X ditunjukan oleh persamaan ; Q = 100 - 2p dan Q = 3p - 10. Jika harga yang terjadi dipasar adalah 15, apa yang terjadi di pasar (excess supply atau excess demand) ? Tentukan jumlah kekurangan atau kelebihan barang dipasarpada harga 15 tersebut.

13. Salah satu campur tangan pemerintah dalam perekenomian adalah dengan mengeluarkan kebijakan harga dasar (floor price) dan harga tertinggi (ceiling price). Jelaskan tujuan pemerintah menentukan harga dasar dan harga tertinggi tersebut ?

14. Permintaan terhadap barang X ditunjukkan oleh persamaan: Q = 100 – 2P. Gambarkan kurva permintaan terhadap barang X berdasarkan persamaan permintaan tersebut.

Penyelesaian :

1. Beberapa faktor utama penggerak ekonomi :
  • Kebutuhan ekonomi, yang sifatnya tidak terbatas.
  • Kelangkaan (scarcity), yang ketersediaannya terbatas.
  • Pilihan (Alternatif), penggunaan sumberdaya untuk tujuan tertentu.
  • Konsep ekonomi, dibedakan antara kebutuhan (need), dan keinginan (want).
Perekenomian disuatu negara atau wilayah dapat dikatakan berkembang jika pembangunan dan pertumbuhan ekonominya berjalan dengan baik sehingga masyarakatnya dapat hidup dengan sejahtera.

2. - Yang termasuk dalam kelangkaan sumberdaya adalah kebutuhan hidup yang harus dipenuhi selama satu bulan, mengapa langka ? karena anggaran yang dimiliki hanya Rp 300.000 sedangkan kebutuhan dalam hidup kita bermacam-macam dan harus kita penuhi.

- Sedangkan yang termasuk mengelola sumberdaya yang langka secara efesien yaitu kita harus
menentukan secara cermat penggunaan anggaran yang kita miliki agar kebutuhan kita dalam satu bulan dapat dipenuhi secara optimal.

3. - Yang termasuk ekonomi mikro yaitu perusahaan yang menentukan harga air kemasan tersebut, dan munculnya perusahaan yang lain yang memproduksi air kemasan karena keuntungan dari perusahaan terdahulu.

- Yang termasuk ekonomi makro yaitu perkembangan perusahaan memberikan sumbangan(kontribusi) pada produk nasional (pendapatan nasional) dan munculnya perusahaan yang memproduksi air minum kemasan ini akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

4. - Yang menggambarkan perkembangan peradaban manusia yaitu para petani yang sudah tidak cocok lagi menggunakan cangkul untuk mengolah tanahnya sudah. Karena teknologi yang semakin pesat, para petani kini membutuhkan alat pengolah tanah yang dapat bekerja secara cepat dan menggunakan tanaga manusia semakin sedikit. Alasan itu juga dapat dikatakan perkembangan kebutuhan manusia akan berkembangnya kegiatan ekonomi.

5. - Yang termasuk sumberdaya alam nya adalah sebidang tanah yang dimiliki petani dan 2 orang anaknya tersebut.

- Yang termasuk sumberdaya manusianya adalah menanam jagung secara tradisional dan mengolah tanag tersebut.

- Yang termasuk sumberdaya modalnya adalah membeli bibit jagung untuk ditanam dan membeli alat cangkul untuk mengolah tanah tersebut.

6. - What, yaitu apa yang akan ditanam oleh petani pada sebidang tanah miliknya?

- How, yaitu bagaimana cara pengolahan tanah, penanaman bibit, perawatan, dan pemetikan hasil (panen) nya?

- For Whom, yaitu kepada siapa petani akan menjual hasil produksi (panen) ?

7. Sytem ekonomi monopoli, karena perusahaan – perusahaan yang ada di Negara tersebut dikuasai oleh pemerintahan, dimana pemerintah mengatur segala jenis konsumsi, produksi dan distribusi. Laba yang dihasilkan juga akan akan sepenuhnya masuk dalam kas pemerintahan.

8. - Yang merupakan barang bebas adalah manusia bisa mennghirup oksigen secara bebas di udara dan tidak dibatasi.

- Yang merupakan barang ekonomis adalah seorang pasien yang sakit, dan dia harus membayar oksigen yang harus dia hirup karena dia hanya bisa menggunakan tabung oksigen untuk bernafas.

9. - What adalah pasar membutuhkan 100 ribu unit computer lebih banyak dari jumlah computer yang mampu tersedia di pasaran tiap tahun.
- How adalah perusahaan akan memproduksi 100 ribu unit computer.
- For Whom adalah target pembelinya adalah mahasiswa.

10. Q = 100 – 2p = 3p – 10

3p – 10 +2p – 100 = 0

5p = 110

P = 22 ( nilai keseimbangan kurva tersebut)

100 – 2p = 0

100 – 2 (22) = 0

100 - 44 = 66 ( nilai q1 )

3p -10 = 0

3(22) – 10 = 0

66 -10 = 56 ( nilai Q2 )


11. Yd = 25 (100-2p)

Yd 2500 – 50p

2500 – 50p = 50p

100p = 2500

P = 25

Jadi Yd 2500 – 50p

= 2500 – 50(25)

=2500 - 1250

=1250 ( jumlah kelebihan barang )

Ys = 25 ( 3p – 10)

Ys 75p – 250

75p – 250 = 75p

150p =250

P = 1,67

Jadi Ys 75p – 250

75 ( 5 )- 250

= 375 -250

= 125 (jumlah kekurangan barang )

12. Yd = 15 (100-2p)

Yd 1500 – 30p

1500 – 30p = 30p

60p = 1500

P = 25

Jadi Yd 1500 – 30p

= 1500 – 30(25)

=1500 -750

=750 ( jumlah kelebihan barang )

Ys = 15 ( 3p – 10)

Ys 15p – 150

15p – 150 = 15p

30p =150

P = 5

Jadi Ys 15p – 150

15 ( 5 )- 150

= 75 -150

= -75 ( jumlah kekurangan barang )

13. Tujuan pemerintah adalah agar bisa mengendalikan keseimbangan pasar. Harga dasar adalah harga eceran yang ditetapakan pemerintah karena melimpahnya penawaran barang tersebut dipasar, sedangkan harga tertinggi ditetapakan karena dengan menurunnya penawaran barang dipasar, pemerintah melakukan operasi.

14. Q=100-2P

-2P=-100

P=-100/-2

P=50








0 komentar:

Posting Komentar

 

RIZKI NURULLAH ( KIKI ) Design by Insight © 2009